Monday, April 16, 2018

Perangkat - Perangkat Yang Terhubung Pada Komputer


I.PERANGKAT MASUKAN 

A.Mouse  


Sejarah 

Jika kita mencoba memutar kembali waktu melalui sejarah yang tercatat dan tersebar, kita dapat mengetahui kapan pertama kali ditemukannya perangkat komputer jenis mouse ini. Sejarah mouse bermula pada tahun 1963 dimana saat itu mouse terbuat dari material kayu dengan hanya memiliki satu tombol, dan yang pertama kali menggagasnya adalah Douglas Engelbart. Pengembangan project mouse terus dilakukan oleh Engelbart, lalu ada kemajuan yang signifikan pada tahun 1970, saat itu mouse telah memiliki 3 buah tombol dan dapat mengetahui letak X-Y pointer yang ada pada layar komputer. Perangkat ini saat itu dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.
Pada umumnya mouse memiliki tombol utama sebanyak dua buah, kedua tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Sebagai pelengkap lalau ada tombol tambahan yang disebut sebagai tombol scroll, tombol ini dapat kita temukan pada mouse keluaran terbaru seperti mouse jaman sekarang. Jika anda sudah aktif mengoperasikan komputer sejak tahun 90an dulu, pastinya anda akan teringat pada mouse dengan bola sebagai penangkap gerakan. Jenis mouse ini untuk jaman sekarang sudah sangat susah ditemui, karena fungsi penangkap gerakan sudah digantikan dengan sinar laser untuk mouse modern. Mouse-mouse canggih pun kini sudah banyak kita temukan, baik itu dari banyaknya fungsi tombol atau dari segi sensitifitasnya, mouse-mouse jenis ini biasanya digunakan oleh para desainer dan penggemar games.


Pengertian Mouse

Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.

  

Jenis Mouse Beserta gambar

~Mouse Trackball


~Mouse Optical


Perkembangan

Kita tau bukan barang asing bagi kita untuk tau sebuah mouse, tiap hari kita pegang kita goyang, yup benar sekali mouse komputer. Anda tau tidak perubahan teknologi mouse dari jaman jadul dahulu kala ampe sekarang jaman modern? Tidak banyak yang tau tentunya mouse jaman dulu tuh kaya apa seh? segede apa seh? tentunya mouse jaman dulu segede gaban kali ya? hehe.. coba liat artikel berikut ini perjalanan mouse dari masa ke masa.

1952Royal Canadian Navy memperkenalkan sebuah sistem penunjuk menggunakan trackball. Dapat anda liat pada gambar sistem penunjuk tersebut memakai bola yang merupakan cikal bakal mouse modern


1968
Douglas Engelbart membuat mouse pertama yang terbuat dari kotak kayu dan 2 roda besi. Diperkenalkan pertamakali di sebuah konferensi di San Francisco. Hehe.. bentuk mouse yang aneh

1972
Bill English memperkenalkan sebuah sistem baru penunjuk menggunakan sebuah “ball mouse”. Diliat dari gambarnya ini merupakan awal mouse modern kali ya.. padahal masih tahun 72

1981
Richard Lyon dan Steve Kirsch membuat sebuah mouse yang menggunakan cahaya LED untuk megarahkan kursor.

1983
Microsoft membuat mouse pertama-nya dengan nama “Green Eyed”. Mouse optik pertama kali


1991
Logitech membuat “MouseMan” dan ini adalah mouse nirkabel dengan menggunakan teknologi RF. Cikal bakal lahirnya mouse wireless.

1995
Mouse menggunakan terobosan baru yaitu scroll whell. Pada tahun ini Apple juga memperkenalkan multibutton “Mighty Mouse”.



2006
Logitech dan Gyration merilis desain dari “air mouse” (Gyroscopic)


2008

micr0soft memperkenalkan teknologi BlueTrack



Sekarang
Mouse dengan teknologi laser 3,5G – 5600 dpi (Gamers Only)
Razer Mamba Black – harga sekitar 1.2 Juta

Mouse terbaik Menurut Saya adalah mouse Razer
Karena memiliki Keunggulan dibanding mouse biasa seperti      :

  • Mouse Razer sepenuhnya mendukung teknologi Razer Synapse engine precision, yang memungkinkan editing spesifikasi mouse hingga menuruti kemauan gamer2 pro.
  • Mouse Razer lengkap dgn sistem optik precision Razer, lalu seri laser menggunakan Laser Synapse 2.0, dan seri dimulai dari Imperator hingga Mamba menggunakan dual-Optic-Laser 4G.
  • Mouse Razer lengkap dgn memory interface 64bit dgn onboard memory diatas 128Kb.
  • Mouse Razer mendukung advanced editing macro mouse. Misalkan saat maen CS, Razer Synapse mampu mengatur delay time, advanced time precision, dan teknik macro-C editing
  • Mouse Razer mendukung advanced editing macro mouse. Misalkan saat maen CS, Razer Synapse mampu mengatur delay time, advanced time precision, dan teknik macro-C editing.


Spt ini misalkan script untuk mempercepat waktu bidik saat memakai sniper AWP (configku, kalo agan terserah) 
> Mouse Razer rata2 mempunyai tombol makro (seri Abbysus keatas) yg mendukung advanced editing macro. Mouse gaming biasa yg ada tombol makro spt Leviathan, tidak mendukung advanced editing macro, apalagi delay time.


> Mouse Razer menggunakan sistem klik mekanik yg memungkinkan usia pake mouse diatas 100jt klik.



Ini kalo bahasa gamer2 pro:

> Mouse Razer sepenuhnya mendukung engine 3.5G hingga 4G. (namun Steelseries udah sampe 4.5G)

> Polling Rate yg bisa diatur hingga maks 1500Hz.

> Mouse Razer adlh satu2nya mouse gaming yang inches-per second spec (IPS) diatas 200. Steelseries yg tertinggi masih 150+.

> Frame-per second yg mampu dihandle semua Razer Mouse diatas 3000fps.


> Memiliki dpi value yg bisa diatur dan tinggi2 dari 100-6400dpi tertinggi saat ini (Mamba, Naga Hex, Imperator).


> Editan yg bisa merangsek hingga bahasa C+, dimana gamer pro DotA MouseSport_Gob 0 mampu menghandle 6 hero sekaligus hanya dgn 1 tombol makro dari Razer Lachesis. 

B.Keyboard

Sejarah


Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”,keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat padakeyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output


Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentukkeyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :

A. Alphanumeric KeyB. Numerik KeypadC. Function KeyD. Modifier KeyE. Cursor Movement Key

Pengertian Keyboard 


Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.
 Selain sebagai alat untuk men-inputkan data keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam diantaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel


Berikut jenis-jenis keyboard menurut susunan tombol nya :


Qwerty







Maltron





Dvorak


Perkembangan 

1877

Keyboard diciptakan sebagai satuan unit komputer mengacu kepada penciptaan mesin ketik atas dasar rancang bangun di buat dan di patenkan oleh "Christopher Latham" pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan "Remington" dan selanjutnya nama ini dipatenkan menjadi salah satu jenis/merk mesin ketik


Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer "ENIAC" menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol/papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf alphabetic yaitu : A – Z, a – z, numerik yaitu : angka 0 - 9, dan tombol-tombol karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya hingga jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol


Keyboar jenis pertama sebagaimana di ilhami oleh penciptaan mesin ketik seperti layaknya papan tuts dan hingga sekarang tetap bertahan dan disenangi oleh penggunanya yaitu jenis "QWERTY", seperti gambar berikut ini :

1860


Gambar diatas adalah gambaran baru/produk baru. Keyboard yang di ciptakan sejak tahun 1860 oleh "Sholes dan Dunsmore", pada awalnya mereka membuat keyboard dengan urutan abjad "ABCDEFG..". akhirnya lambat laun dengan diiringi kecepatan mengetik menjadi lebih cepat dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka alat tersebut nampak kelemahanya pada setiap tombol tertentu saja yang mengalami macet dan menghambat pekerjaan, sebagaimana saya utarakan diatas. Atas pengalaman yang ada dan melihat dari kelemahan tersebut maka di designlah keyboard baru dengan susunan abjad yang acak dan di persulit, yaitu sekitar tahun 1873.

Design ini akhirnya dijual kepada Remington untuk di produksi masal pada tahun 1873-1877. Susunan keyboard tersebut terbagi dalam 4 baris, baris pertama "2345678", baris kedua "QWE.TYUIOP", baris ketiga "XDFHJKLM", baris ke empat "AX&VVBN?;R". Urutan tersebut yang telah dipatenkan oleh Remington kemudian disempurnakan sehingga tertata rapih seperti gambar yang saya tampilkan berikut ini yaitu model Qwerty.

Sahabat blogger yang berbahagia, seiring dengan perkembangan zaman, munculah beberapa bentuk atau jenis keyboard komputer yang lebih efisien dan mudah digunakan, salah satunya adalah Keyborad "DVORAK" seperti terlihat pada gambar dibawah ini.



Keyboard Terbaik menurut saya :


Sahabat Blogger, manakah yang lebih baik dari perangkat keyboard tersebut ? hal ini sangat relative karena tergantung kebutuhan, namun secara umum penggunanya cenderung menggunakan jenis keyboard Qwerty. Oleh sebab itu menurut saya keyboard terbaik itu adalah jenis keyboard Qwerty selain di gunakan cenderung umum saya telah terbiasa dengan keyboard ini  Mungkin karena saya tinggal di negara Indonesia :v 



C. LightPen 

Sejarah 


Light pen pertama kali diciptakan sekitar tahun 1952 sebagai bagian dari proyek Whirlwind di MIT (Massachusetts Institute of Technology), di bawah kepemimpinan Jay Forrester. Selama tahun 1960-an light pen yang umum di terminal grafis seperti IBM 2.250 , dan juga tersedia untuk 3270 IBM terminal teks saja. light pen mulai gunakan selama awal 1980-an.Dengan menggunakan lightpen, kita dapat langsung memasukan data, baik berupa angka maupun huruf ke dalam CPU melalui layar monitor. Walaupun menggunakan lightpen, tombol-tombol pada keyboard masih dibutuhkan juga antara lain untuk mensetting angka atau huruf menurut jenis huruf yang terdapat pada komputer dan waktu eksekusi.Lightpen merupakan inovasi terbaru dari perangkat input karena alat ini digunakan seperti layaknya kita menulis pada sebuah kertas. Pada lightpen terdapat sebuah kabel yang menghubungkan antara lightpen dengan monitor, sehingga monitor yang digunakan bukanlah monitor yang biasa dipakai melainkan monitor khusus yang memiliki kabel penghubung dengan lightpen, misalnya Notebook Sharp menghubungkan lightpen dengan sebuah kabel halus ke komputer dan lightpen tersebut digunakan untuk menuliskan pada sebuah bidang daftar atau tidak dituliskan ke layar monitor. Pengunaan lightpen ini biasanya menggunakan program untuk rancang bangun, misalnya CAD (Computer Aided Design) atau CAM (Computer Aided Manufacturing).


Pengertian Lightpen
Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer. Anda bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar .







D. Joystick

Sejarah 

Sejarah Joystick
Joystick mulai dikenal pada abad 20an pada waktu itu di namakan joystick yang diartikan tongkat
pengendali pesawat terbang.Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektronik.
Alat dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah target nya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.Pada tahun 1960 penggunaan joystick menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan
ide joysticks kepada industri komputer dan para pemakai lain.
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).


Pengertian

Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas atau tongkat yang dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol


Jenis-Jenis Joystick:

  • Joystick Logitech Rumble

Jenis joystick diatas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja

  • Joystick Logitech Racing Wheel

Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.

Perkembangan 

  • Tahun 1966

  • Tahun 1976

  • Tahun 1983

  • Tahun 1990

  • Tahun 1996

  • Tahun 1999

  • Tahun 2001

Pada Tahun ini muncul pesaing baru yaitu Microsoft dengan konsol  XBox 360. Disisi lain Sony dan Nintendo juga terus berinovasi sehingga lahirlah  PS3 dari Sony dan Wii besutan Nintendo (Gambar ada di bawah)

konsol game semakin canggih dan semakin menggila dengan berbagai inovasi grafik, suara, dan gameplay serta dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move



Joystick Terbaik Menurut saya adalah PS 4 Alasan nya cukup sederhana karena PS 4 Memiliki beberapa kelebihan :

  • – Performa sempurna
  • – Ada PlayStation Plus
  • – DualShock 4 bagu
  • – PS Vita Remote Play over WiFi


II.PERANGKAT PROSES 

A.  Prosesor 

Sejarah 

Pada awalnya komputer dibuat bukanlah untuk media hiburan atau membuka situs  internet, akan tetapi komputer difikirkan manusia untuk memecahkan krisis angka-angka yang serius. Pada tahun 1880 penduduk AS telah tumbuh begitu besar sehingga butuh lebih dari tujuh tahun untuk tabulasi hasil Sensus Amerika Serikat. Pemerintah pun mencari cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, sehingga melahirkan komputer berbasis punch-card yang memenuhi seluruh ruangan. Namun,   teknologi komputerisasi sekarang ini sudah sanggup membuat komputer yang ribuan kali lebih cepat bakan lebih kecil dari telapak tangan.Dan sanggup mengerjakan banyak tugas bahkan untuk menjalankan multimedia dan hiburan.Dalam perkembangannya, komputer dilakukan oleh banyak pihak hingga bisa menjadi komputer yang telah kita kenal sampai saat ini




Sekarang ini, komputer sudah seperti menjadi bagian dari kehidupan kita, komputer pertama yang digunakan, dikembangkan di University of Pennsylvania pada tahun 1946! .Komputer ini memiliki prosesor  ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Fitur pemrograman yang sudah luas digunakan saat ini, diperkenalkan oleh Alan Turing dan John von Neumann dan tim mereka. Arsitektur von Neumann adalah dasar dari komputer modern saat ini.Jika ingin mengetahui juga sejarah perkembangan komputer


Jenis Prosesor  

  • Intel 

  • AMD ( Advanced Micro Deviced )

  • ARM ( Advanced RISC Machine )


Perkembangan Prosesor 

  • Microprocessor 4004 (1971)

  • Microprosessor 8008 (1972)

  • Microprosessor 8080 (1974)

Menurut saya Prosessor terbaik adalah Prosesor intel karena memiliki kelebihan seperti : 
1.    Mampu menghasilkan suara sangat baik.
2.    Bisa mengatur suhu frekuensi dg baik.
3.    lebih baik dari AMD




B. Motherboard 

Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Sebagai informasi, dulu komponen-komponen komputer seperti seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel. Tampilannya sangat ruwet. Karena sangat repot menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer punya ide untuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisis beragam slot sebagai tempat menyolokkan komponen-komponen PC. Papan itu dinamai motherboard.
Pada pengembang awal dari motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen moherboard lain dari Taiwan.
Antara tahun 1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalammoterboard mendorong pencitraan motherboard ke dalam bentuk yang makin ekonomis. Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungkan slot keybor, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard.
Jika Anda perhatikan, hingga saat ini standar bentuk dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.
Saat ini, Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). Sayangnya, pasar belum tertarik untuk menggunakannya. Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya sendiri, yaitu mini ITX.
Perubahan dalam desain dan teknologi motherboard terus berkembang. Di awal tahun 200-an, pengintegrasian diperluas. Motherboard kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.


Jenis-Jenis Motherboard


1. Motherboard AT / AT Baby




AT BabyJenis motherboard yang pertama adalah motherboard jenis AT atau sering juga dikenal dengan nama AT Baby. Motherboard ini merupakan jenis motherboard klasik, yang sudah tidak digunkaan lagi saat ini. Motherboard ini dikembangkan oleh IBM untuk mendukung penggunaan processor Pentium 2 pada saat itu, tepatnya sebelum tahun 1990-an.

Apabila dibandingkan dengan generasi penerusnya, yaitu ATX, maka motherboard AT ini memiliki banyak kekurangan, seperti mudah mngalami panas dan juga ukurannya yang cukup besar. Saat ini, motherboard AT baby sudah jarang, bahkan tidak digunakan lagi, karena tidak kompatibel dengan teknologi sistem komponen CPU dan perangkat keras komputer saat ini.


2. Motherboard ATX



ATX MotherboardJenis motherboard yang kedua adalah motherboard jenis ATX. ATX merupakan kependekan dari Advance Technology Extended. Motherboard ATX ini merupakan pengembangan dari jenis motherboard sebelumnya, yaitu AT / AT Baby yang memiliki banyak kekurangan. Motherboard ATX saat ini merupakan salah satu jenis motherboard standar yang banyak digunakan pada komputer di dunia.


Jenis dari ATX

Motherboard jenis ATX sendiri juga terbagi menjadi bebeerapa jenis, berdasarkan ukurannya. Berikut ini adalah beberapa jenis dari motherboard ATX :

Standard ATX
Standard ATX merupakan jenis motherboard ATX standard, yang banyak digunakan untuk komputer maupun laptop. Motherboard jenis Standard ATX ini memilki ukuran panjang 305 mm dan lebar 244 mm. Motherboard standard ATX memiliki AGP konektor dan juga PCI connector.

Micro ATX
Micro ATX, sesuai dengan namanya, motherboard dengan jenis Micro ATX ini memiliki bentuk micro, alias kecil apabila dibandingkan dengan form factor ATX Standard dan form factor ATX lainnya. Ukuran dari motherboard Micro ATX ini adalah sebesar 244 mm x 244 mm.

Dengan ukuran yang kecil ini, maka micro ATX sanga cocok digunakan pada netbook yang memilki ukuran fisik kecil dan tidak terlalu membutuhkan spesifikasi yang tingi. Micro ATX juga terbilang salah satu jenis motherboard ATX yang paling ekonomis dan murah.

Flex ATX
Flex ATX merupakan pengembangan dari motherboard micro ATX. Flex ATX menawarkan fleksibilitas dalam merancang komputer, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Flex ATX memiliki 2 PCI connector.

Mini ATX
Mini Atx memiliik ukuran yang relative kecil, mirip seperti mirco PCX. Ukuran dari motherboard Mini ATX ini adalah 284 mm untuk panjangnya, dan 208 mm untuk lebarnya. Motherboard mini ATX saat ini banyak digunakan untuk keperluan PC ukuran kecil, dan juga keperluan netbook kecil.

3. Motherboard BTX


BTX MotherboardJenis motherboar yang ketiga adalah BTX. BTX merupakan kependekan dari Balanced Technology Extended. Sesuai dengan namanya, motherboard jenis BTX ini menawarkan keseimbangan dalam penggunaan sebuah sistem komputer.

Keseimbangan dari penyusunan sistem komputer ini terlihat dari keunggulan BTX dalam hal mengatur suhu. BTX mampu untuk mengoptimalkan sirkulasi udara di dalam komputer, serta mampu untuk melakukan pengendalian panas.

Jenis dari Motherboard BTX

Motherboard BTX sendiri memilki beberapa jenis. Jenis dari motherboard BTX tersebut dilihat dari ukuran atau dimensi dari motherboard BTX, yang terdiri dari :

BTX Standar
BTX standar merupakan jenis motherboard BTX yang memiliki ukuran dimensi standa, yaitu sebesar 325 mm untuk panjangnya, dan juga 267 mm untuk lebarnya. Cukup besar apabila dibandingkan dengan standard ATX.

BTX standar, meskipun lebih besar, namun disebut – sebut memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga sirkulasi panas di dalam sistem komputer, sehingga dapat meminimalisir terjadinya overheating.

Micro BTX
Jenis motherboard BTX berikutnya adalah jenis Mikro BTX. Micro BTX senarnya memiliki fungsi dan juga keunggulan yang hampir sama dengan standard BTX. Namun demikian, perbedaannya terdapat pada ukurannya. Micro BTX memiliki ukuran sebesar 264 x 267 mm panjang dan lebarnya.

Pico BTX
Pico BTX merupakan versi min I dari BTX. Memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, Pico BTX hanya memilki lebar sebesar 203 mm, dengan panjang motherboard Pico BTS sebesar 264 mm.

4. Motherboard ITX



ITX MotherboardApabila pada motherboard jenis ATX dan juga BTX keduanya sama sama memiliki ukuran yang besar, yaitu berkisar antara 300 mm hingga 200-an mm, maka tidak dengan motherboard jenis ITX. Motherboard jenis ITX atau yang dikenal dengan kepanjangannya, Information Technology Extended ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Motherboard ITX didukung oleh Via, yang memiliki factor level kecil, yang sangat pas dan juga cocok untuk dibuat sebagai motherboard pada mini PC, atau juga PC tablet dengan ukuran kecil.

Jenis dari Motherboard ITX:

Motherboard ITX memiliki 2 jenis form factor, yaitu :

Mini ITX
Mini ITX merupakan format ITX dengan dimensi yang kecil. Motherboard jenis mini ITX ini berbentuk persegi, dengan panjang masing – masing sisinya adalah 170 mm. Kecil sekali bukan? Sangat pas untuk kebutuhan tablet PC dan juga mini PC anda.

Nano ITX
Masih berpikir bahwa mini ITX adalah yang paling kecil? Tunggu dulu, format ITX lainnya juga ada yang lebih kecil lagi, yaitu nano ITX. Nano ITX merupakan jenis motherboard ITX yang terkecil. Ukurannya berbentuk persegi, sama seperti mini ITX, dengan ukuran yang lebih kecil, berbeda 50 mm dari mini ITX, yaitu sebesar 120 mm x 120 mm.

E.HARDISK



HARDDISK MERUPAKAN SALAH SATU PERANGKAT KERAS KOMPUTER YANG MENYEDIAKAN RUANG PENYIMPANAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MENYIMPAN ATAU MEMBACA DATA PADA KOMPUTER. HARDDISK MERUPAKAN JENIS MEMORI KOMPUTER YANG MEMILIKI SIFAT NON-VOLATILE MEMORY YANG BERARTI DATA PADA MEMORI JENIS INI TIDAK AKAN HILANG MESKI PERANGKAT TERSEBUT TELAH DIMATIKAN. BERBEDA DENGAN MEDIA PENYIMPANAN RAM YANG HANYA MENYIMPAN DATA SELAMA PERANGKAT TERSEBUT MEMILIKI DAYA.
JENIS JENIS HARDISK:
1. HARDISK ATA / EIDE


HARD DISK DENGAN TIPE EIDE (ENHANCED INTEGRATEDDRIVE ELECTRONIC) ATAU TIPE ATA (ADVANCED TECHNOLOGY ATTACHMENT)ADALAH STANDAR VERSI TERBARU SUATU ANTAR MUKA DISK YANG SESUAI UNTUK KONEKSI KE BUS.
BANYAK PRODUSEN DISK MEMILIKI RENTANG DISK DENGAN ANTAR MUKA EIDE / ATA, DISK SEMACAM ITU DAPAT DIHUBUNGKAN LANGSUNG KE BUS PCI, YANG DIGUNAKAN PADA BANYAK PC (PERSONAL COMPUTER).
KEUNTUNGAN DRIVE EIDE / ATA YANGSIGNIFIKAN ADALAH HARGANYA YANG CUKUP MURAH, KARENA PENGGUNAANNYA DI PASARAN PC. SALAH SATU KEKURANGAN UTAMANYA ADALAH DIPERLUKAN KONTROLER TERPISAH UNTUK TIAP DRIVE JIKA DUA DRIVE DIGUNAKAN BERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA.
SALAH SATU PRODUSEN CHIP YANG TERKENAL SUDAH MENYERTAKAN KONTROLER YANG MEMUNGKINKAN DISK EIDE / ATA DIHUBUNGKAN LANGSUNG KE MOTHERBOARD.

2. HARDISK SCSI


BANYAK DISK MEMILIKI ANTAR MUKA YANG DIDESAIN UNTUK KONEKSI KE BUS SCSI STANDAR. DISK TERSEBUT CENDERUNG LEBIH MAHAL, TETAPI MEMPUNYAI PERFORMA YANG LEBIH BAIK, YANG DIMUNGKINKAN KARENA KELEBIHAN BUS SCSI DARIPADA BUS PCI.
AKSES YANG BERSAMAAN DAPAT DILAKUKAN KE BANYAK DISK DRIVE KARENA ANTAR MUKA DRIVE SECARA AKTIF DIHUBUNGKAN KE BUS SCSI HANYA PADA SAAT DRIVE TERSEBUT SIAP UNTUK TRANSFER DATA.
HAL INI TERUTAMA BERGUNA DALAM APLIKASI DIMANA TERDAPAT SEJUMLAH BESAR REQUEST UNTUK FILE KECIL, YANG SERING TERJADI DALAM KOMPUTER YANG DIGUNAKAN SEBAGAI FILE SERVER.

3. HARDISK RAID



MENJANJIKAN PERFORMA YANG LUAR BIASA DAN MENYEDIAKAN PENYIMPANAN YANG BESAR DAN HANDAL. DISK TERSEBUT DIGUNAKAN BAIK DALAM KOMPUTER PERFORMA TINGGI ATAU DALAM SISTEM YANG MEMERLUKAN KEANDALAN YANG LEBIH TINGI DARI TINGKAT NORMAL. AKAN TETAPI, DENGAN SEMAKIN MENURUNNYA HARGA KE TINGKAT YANG LEBIH TERJANGKAU, DISK TERSEBUT MENJADI LEBIH MENARIK BAHKAN UNTUK SISTEM KOMPUTER DENGAN UKURAN RATA-RATA.

4. HARDISK SATA

HARD DISK DENGAN TIPE SATA (SERIAL ADVANCED TECHNOLOGY ATTACHMENT), YAITU INTERFACE DISK ATA (ADVANCED TECHNOLOGY ATTACHMENT) DENGAN VERSI SERIALNYA MENGGUNAKAN KABEL TIPIS YANG MEMILIKI TOTAL KABEL KECIL SEKITAR DUA PERTIGA DARI TOTAL KABEL HARDDISK DENGAN TIPE EIDE ATAU ATA DISK YANG BERJUMLAH 39 PINS DAN SATA MEMPUNYAI KECEPATAN PENGIRIMAN DATA SANGAT TINGGI SERTA MENGURANI LATENSI. SEHINGGA BUS SERIAL INI MAMPU MELEBIHI KECEPATAN BUS PARALEL.
HARDISK SATA DALAM MENTRANSFER DATA SECARA BERURUTAN ATAU SERIAL LEWAT KABELNYA DAN JUGA SECARA TEKNIK SATA MENYUSUN SENDIRI DISK YANG TERSAMBUNG KE DALAM MOTHERBOARD TANPA ADANYA SISTEM MASTER ATAUPUN SLAVE, SEHINGGA KABEL SATA HANYA DAPAT DIGUNAKAN PADA SATU HARD DISK.
TIPE HARD DISK YANG TELAH DIBAHAS INI, SEMUANYA MASUK DALAM KATEGORI INTERNAL HARD DISK, MAKSUDNYA YANG DIINSTALL DI DALAM CPU. SELAIN INTERNAL HARD DISK ADA JUGA EKSTERNAL HARDDISK (HARD DISK YANG BERADA DILUAR CPU), JADI BISA DIPINDAH-PINDAHKAN.
EKSTERNAL HARD DISK MEMPUNYAI KECEPATAN ROTASI 7200 RPM, PEMASANGANNYA SANGAT MUDAH, TIDAK PERLU MEMBONGKAR PC DAN HANYA DENGAN MENGHUBUNGKAN PORT USB KE PC, DAN DAPAT MENTRANSFER DATA 480 MBPS.

5. HARDISK SSD

SEPERTI YANG KITA KETAHUI BAHWA HARDISK YANG SELAMA INI KITA GUNAKAN SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN MASIH MEMPUNYAI BAGIAN MEKANIK DIDALAMNYA, SEDANGKAN MEDIA SSD (SOLID STATE DISK) SUDAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SEPERTI USB DRIVE ATAU MEMORI KOMPUTER. BILA ANDA PERHATIKAN BAHWA MEDIA SEPERTI USB DRIVE INI TIDAK MEMILIKI BAGIAN YANG BERGERAK.
INTEL MENGGANDENG PABRIKAN ASAL TAIWAN YAITU KINGSTON UNTUK MEMASARKAN SSD INTEL SEHINGGA KEHADIRAN KEDUA NAMA TERSEBUT MENJADIKAN PASAR SSD MAKIN BERTAMBAH.
NAMA YANG SUDAH TIDAK ASING LAGI DI DUNIA SSD ADALAH SANDISK, SAMSUNG, IMATION, TOSHIBA DAN BAHKAN SEAGATE PUN AKAN MERAMBAH JUGA KE PASAR SSD INI.
MEMANG KEDEPANNYA MEDIA PENYIMPANAN AKAN LEBIH MENGARAH KE SSD KARENA MEMILIKI BANYAK KEUNGGULAN DIBANDINGKAN MEDIA PENYIMPANAN SAAT INI SEPERTI HARDDISK.



G.RAM

ADALAH BERASAL DARI SINGKATAN RANDOM ACCESSMEMORY, RAM YAITU SUATU MEMORI TEMPAT PENYIMPANAN DATA SEMENTARA, KETIKA SAAT KOMPUTER DIJALANKAN DAN DAPAT DIAKSES SECARA ACAK (RANDOM). FUNGSI RAM ADALAH MEMPERCEPAT PEMEPROSESAN DATA PADA PC ATAU KOMPUTER
FUNGSI RAM:
FUNGSI RAM YANG PALING UTAMA ADALAH UNTUK MEMBANTU MENYIMPAN MEMORY SEMENTARA. RAM YANG DALAM BAHASA INDONESIA JUGA SERING DIKENAL DENGAN ISTILAH PENYIMPANAN MEMORI ACAK, AKAN MENYIMPAN SEMENTARA MEMORY DARI SUATU APLIKASI ATAUPUN PROGAM.
ROM

ADALAH SALAH SATU PENYIMPANAN DATA YANG SIFATNYA PERMANEN, ARTINYA PROGRAM / DATA YANG DISIMPAN DI DALAM ROM INI TIDAK MUDAH HILANG ATAU BERUBAH WALAU ALIRAN LISTRIK DI MATIKAN.
FUNGSI:
 SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN FIRMWARE, YAITU PERANGKAT LUNAK ATAU LEBIH SERING DISEBUT SOFTWARE, YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERANGKAT KERAS (HARDWARE). SEPERTI ROM BIOS, DIMANA BIOS (BASIC INPUT OUTPUT SYSTEM) TERSEBUT DAPAT LANGSUNG DI EKSEKUSI SECARA CEPAT, TANPA HARUS MENUNGGU UNTUK MENYALAKAN PERANGKAT MEDIA PENYIMPANAN LAINNYA LEBIH DULU SEPERTI YANG PADA UMUMNYA TERJADI PADA ALAT PENYIMPANAN LAIN. WALAUPUN MEMORI ROM HANYA DAPAT DIBACA SAJA, AKAN TETAPI DATA PADA MEMORI INI DAPAT DI TULIS ULANG.

H.MODEM

ADALAH SEBUAH ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGHUBUNGKAN KOMPUTER DENGAN INTERNET MELALUI TELEPON, LINE KABEL DAN LAYANAN DARI PENYEDIA JASA TELEKOMUNIKASI LAINNYA. MODEM SEBENARNYA MERUPAKAN SINGKATAN DARI MODULATOR-DEMODULATOR.
FUNGSI:
FUNGSI MODEM PADA INTINYA FUNGSI MODEM MERUPAKAN SUATU PERANGKAT KERAS ATAU HARDWARE YANG MEMILIKI FUNGSI UNTUK KOMUNIKASI 2 ARAH YANG DAPAT MENGUBAH DARI SINYAL DIGITAL MENJADI SINYAL ANALOG ATAUPUN SEBALI FUNGSI MODEMPADA INTINYA KNYA GUNA MENGIRIMKAN PESAN ATAU DATA KE ALAMAT YANG DITUJU.
Sejarah Modem:

Penemu Modem PC
Modem untuk personal computer atau komputer pribadi pertama kali diciptakan oleh Dennis C. Hayes (lahir pada tahun 1950) dan Dale Heatherington (lahir pada tahun 1948) pada tahun 1977. Mereka membangun teknologi yang sangat penting memungkinkan industri online sampai saat ini muncul dan berkembang.
Dale Heatherington

&

Dennis C. Hayes 

Pada awalnya di pertengahan tahun 1970 Dennis C. Hayes meninggalkan Georgia Inistitute of Technology, dikarenakan dia bekerja di perusahaan National Data Corporation di Atlanta. Perusahaan ini bergerak dibidang transfer uang elektronik dan otoritas kartu kredit. Tugasnya saat bekerja itu untuk mengatur koneksi modem untuk pelanggan NDC. Kemudian dia bertemu Dale Heatherington di National Data Corporation. Bersama-sama mereka mengembangkan dan memasarkan produk pertamanya yang berkualitas tinggi untuk penggemar komputer pada bulan April 1977 yaitu modem board untuk bus s-100 PC modem.
Kemudian Hayes mendirikan sebuah perusahaan di rumahnya dengan na D.C. Hayes Associates, Inc. Pada awalnya dia berinvestasi lima ribu dollar AS. Perusahaan tersebut sangat populer di dunia IT. Pada Januari 1978 perusahaan tersebut mengganti nama menjadi Hayes Corp. Produk  mereka selanjutnya yaitu SmartModem, produk ini sangat populer membawa perusahaannya berkembang dengan pesat.

Sementara Dale Heatherington meninggalkan perusahaan dikarenakan pensiun, Dennis C. Hayes menjalankan perusahaannya sendiri sampai mengajukan kebangkrutan pada tahun 1998 ketika teknologi memasuki banyaknya produk-produk pesaing.

Dennis C. Hayes dijadikan tokoh dunia sebagai penemu modem PC, karena temuannya itu membuat kemudahan bagi para pengakses internet. Dengannya dunia internet selalu tetap online dan industri teknologi berkembang dengan pesat.


3.PERANGKAT OUTPUT
Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar hasil cetakan, suara, dan sebagainya.
Macam-macamnya:

a.MONITOR

Monitor adalah Istilah monitor pada dasarnya merupakan kata serapan yang diambil dari Bahasa Inggris yaitu dari kata monitor yang artinya mengamati. Oleh karena itu, jika diartikan dari asal katanya, monitor dapat diartikan sebagai perangkat yang digunakan untuk mengamati sesuatu.



Jika diartikan secara lengkap, pengertian monitor adalah perangkat keras yang dipakai untuk menampilkan output data grafis yang berasal dari sumber-sumber data grafis seperti cpu, satelit, dan berbagai sumber data grafis lainnya.



Dalam perangkat komputer, monitor sering juga disebut dengan istilah layar komputer. Sedangkan di perangkat jaringan televisi, monitor sering kali disebut dengan istilah layar televisi.

Jenis jenis Monitor:

1.Monitor CRT (Chatode Ray Tube)
Monitor CRT merupakan monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi sinar katoda yang diletakkan di dalam tabung. Monitor CRT merupakan monitor komputer tertua yang hingga saat ini masih cukup banyak digunakan. Karena menggunakan tabung katoda, monitor CRT sering juga disebut dengan monitor tabung.



2.Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

Monitor LCD merupakan monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi pancaran sinar di media cairan kristal. Dibandingkan monitor CRT, ukuran monitor LCD jauh lebih ramping. Tidak hanya itu, tingkat resolusi dan kualitas gambar yang bisa ditampilkan oleh monitor ini juga jauh lebih baik dibandingkan dengan monitor CRT.



3.Monitor LED (Light Emiting Diode)





Monitor LED merupakan monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi dioda lampu yang mampu memancarkan emisi cahaya. Meskipun tidak jauh berbeda, akan tetapi monitor LED cenderung sedikit lebih tipis dibandingkan dengan monitor LED.

4.Monitor Plasma

Monitor Plasma merupakan monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi gas neon ataupun xenon yang diletakkan di antara dua pelat kaca. Dibandingkan dengan seluruh monitor yang sebelumnya, monitor plasma merupakan monitor yang terbaik dalam hal kualitas gambar yang dihasilkan. Meskipun begitu, harga monitor plasma juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga monitor-monitor yang sebelumnya.


b.PLOTTER

Plotter adalah Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.

Jenis jenis plotter:



• Plotter Pena

Plotter Pena memiliki satu atau sejumlah pena berwarna untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan, yang membuat keluaran dalam bentuk garis. untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan,keluaran plotter berupa garis kontinyu.



• Plotter Elektrostatis


Pada plotter ini, kertas diletakkan pada tempat datar seperti meja,lalu keluaran atau hasil cetakan dibuat dengan prinsip kerja seperti mesin foto copy yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas. Lalu tegangan listrik tersebut akan menarik tinta untuk melekat pada kertas. Tinta kemudian dicairkan dengan pemanasan. Kualitas plotter elektrostatis tidak sebagus plotter pena,tetapi kecepatannya lebih tinggi dibandingkan dengan plotter pena.



• Plotter Thermal


Plotter ini menggunakan suatu pin yang dipanaskan secara elektronis, kemudian pin itu dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas, sehingga terbentuk gambar.Plotter thermal dapat digunakan pada kertas maupun film buram.



• Plotter Pemotong


Plotter pemotong berfungsi untuk memotong vinyl, karet, gabus, dll. Biasa digunakan pada industri sepatu atau industri pakaian, membuat pola sekaligus memotongnya. Pemanfaatannya dapat digunakan pada industri sepatu atau industri pakaian, untuk memotong pola atau bahan sekaligus.

c.PRINTER


Adalah peranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. ... Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas

SEJARAH PRINTER

Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal. Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (sekitar 1398 - 3 Februari 1468) adalah seorang pandai logam dan pencipta berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya di bidang teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk aloy logam huruf (type metal) dan tinta berbasis-minyak, cetakan untuk mencetak huruf secara tepat, dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.



Jenis jenis printer:

1. Printer InkJet
Salah satu jenis printer yang umumnya ditemui adalah printer InkJet. Printer jenis inkjet ini menyemprotkan tinta pada kertas untuk membentuk gambar atau dokumen yang kamu print. Printer ini bekerja dengan cara menempatkan sebuah plat magnet yang mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinformasikan oleh komputer atau drivernya. Oleh karena itulah kadang kala tinta bisa tidak mengalir karena ada masalah, dan kamu harus mengatasinya dengan cara mengatasi tinta printer tidak mengalir.




2. Printer Dot Matrix


Printer berikutnya adalah printer dot matrix. Jenis printer yang satu ini menggunakan sistem pembentukan karakter dengan cara menekan jarum pada pita di atas kertas sehingga dapat mencetak sebuah karakter tertentu di atas kertas tersebut. Dengan kata lain, tinta dari printer ini adalah pita-pita itu sendiri. Hasil cetakannya merupakan titik-titik kecil yang terangkai menjadi sebuah karakter, oleh karena itu hasil cetakannya tidak terlalu bagus.

3. Printer Laser Jet


Jenis printer berikutnya yang mungkin sering kita temui adalah printer laser jet. Printer yang satu ini memanfaatkan laser sebagai media utama dalam pencetakannya. Cara kerjanya cukup unik, yaitu laser disinarkan pada sejenis drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak di atas kertas yang kamu miliki. Drum tersebut akan berputar melalui toner (semacam tinta berupa buuk dan tidak cair), bagian drum yang berlistrik akan mengambil toner tersebut untuk kemudian dipindahkan ke atas kertas dengan bantuan tekanan dan panas.

4. Printer LED/LCD


Printer LED atau LCD bekerja dengan prinsip yang tidak jauh berbeda dengan printer laser jet. Perbedaannya terletak pada sumber pembuat polanya. Apabila printer laserjet menggunakan laser, maka printer LED/LCD ini menggunakan light-emitting diode untuk membuat pola di atas drum. Hasil cetakannya sangat baik, baik untuk mencetak teks ataupun grafis. Apabila tidak digunakan dalam waktu yang lama, ada baiknya apabila kamu menyimpan dengan cara menyimpan printer dalam waktu lama agar printer LED/LCDmu tidak rusak.




D. SPEAKER

adalah  perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Suara yang dihasilkan berasal dari hasil pemrosesan dari sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara). ...

Jenis jenis speaker:

1.Midrange

Midrange adalah jenis tipe speaker 3 way yang memiliki kemampuan frekuensi audio menengah yakni sekitar 500-5000 Hz. Sehingga suara yang dihasilkan sangat terdengar jelas seperti anda mendengar suara anda sendiri.

2.Tweeter

Tweeter adalah jenis tipe speaker 3 way yang memiliki kemampuan frekuensi audio yang tinggi yakni sekitar 5000-20.000 Hz. Sehingga tak heram jika suara yang dihasilkan sedikit melengking atau terdengar keras dan juga nge bass.

Dalam penggunaannya jenis speaker tweeter ini tidak perlu menggunakan box karena speaker ini sudah dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan suara yang jelas.

3.Full range

Full range jenis tipe speaker 3 way full range ini adalah speaker yang memiliki kemampuan frekuensi audio yang 3 way yakni mampu menghasilkan nada rendah, menengah, ataupun tinggi.

Maka dari itulah jenis speaker full range ini sering digunakan pada speaker sound system (speaker luar ruangan). Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan bisa didengarkan meski dari kejauhan.

4.Speaker 2 way

Speaker 2 way adalah jenis tipe speaker yang memiliki 2 system frekuensi yang rendah dan tinggi. Untuk itu dalam penggunaannya kita dapat menyambungkannya dengan jenis speaker woofer dan tweeter.


e.PROYEKTOR


ADALAH sebuah alat optik yang digunakan untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. Proyektor dapat mengacu kepada beberapa hal berikut: Proyektor elektronik: Proyektor LCD.

jenis jenis proyektor:


1.Proyektor Digital

Proyektor digital adalah peralatan teknologi modern. Ini digunakan untuk mengkonversi data gambar secara langsung dari komputer ke sebuah layar melalui sistem lensa. Proyektor digital menyediakan visualisasi data yang sebenarnya disimpan dalam komputer untuk presentasi. Proyektor ini me mungkinkan para penonton untuk menonton gambar bergerak dari sebuah DVD, pemutar cakram digital serbaguna. Pemasang iklan atau penjual juga menggunakan proyektor untuk memberikan demonstrasi produk untuk sejumlah besar pelanggan. Dapat dengan mudah mengkonversi dokumen tertulis ke papan tulis interaktif.


b. Proyektor LCD


Bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCD tersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang telah disatukan te rsebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan di"jatuh"kan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.

c. Proyektor CRT

CRT atau sering disebut juga dengan Katoda Ray Tube yang memanfaatkan Proyektor kuno tabung gambar yang telah digunakan pada TV konvensional selama beberapa dekade. Dengan jenis proyektor ini, tiga CRT, plus lensa pembesar, digunakan untuk melemparkan sebuah gambar ke layar. Para CRT digunakan untuk memproyeksikan warna utama, merah, biru dan hijau. Adanya tiga tabung yang berbeda-beda warna dalam proyektor CRT, membuat proyektor ini lumayan besar dan berat.

d. Proyektor DLP

Digital Light Processing atau yang disingkat dengan DLP kali pertama dikembangkan oleh Texas Instrument. Pada DLP, cahaya terlebih dahulu akan mengenai sebuah Color Filter berbentuk roda. Kemudian warna yang diperoleh akan mengenai Digital Micromirror Devices (DMD). Dari DMD inilah kemudian cahaya akan diproyeksikan dengan cara dipantulkan ke layar.

e. Proyektor LCOS

Teknologi yang terakhir inimemanfaatkan keunggulan dua teknologi yang sudah hadir sebelumnya, yaitu LCD dan DLP. Teknologi LCOS lebih mudah diproduksi dan ringan dibandingkan LCD. Resolusi yang dihasilkan juga lebih baik dari LCD.  Bahkan resolusi teknologi ini d iperhitungkan dapat mencapai QXGA, yaitu 2048×1536 pixel. Sangat tinggi, bahkan yang tertinggi. Teknologi ini juga mengurangi artefak yang muncul pada LCD.


PERKEMBANGAN PROYEKTOR

  • PROYEKTOR SVGA 

SVGA adalah proyektor yang memiliki resolusi 800×600 pixel. Resolusi ini sangat cocok untuk digunakan keperluan presentasi sederhana. Presentasi sederhana adalah presentasi yang tidak mempresentasikan gambar yang beresolusi tinggi atau kompleks, hanya berupa teks, grafik, dan diagram biasa saja.


  • PROYEKTOR XGA 
XGA Nilai resolusi pada proyektor XGA adalah 1024×768 pixel. Gambar yang dihasilkan oleh proyektor XGA lebih jernih dibandingkan proyektor dengan resolusi SVGA. Proyector XGA dapat digunakan untuk melakukan presentasi yang lebih banyak menggunakan warna dan gambar gambar yang kompleks dibanding presentasi dengan proyektor SVGA
  • PROYEKTOR SXGA    

  • PROYEKTOR UXGA

PROYEKTOR TERBAIK MENURUT SAYA 

Produk proyektor portabel dari Uhappy ini didesain dengan ukuran mini 170 x 135 x 66 mm, serta ringan sehingga akan sangat nyaman dibawa dan digunakan di mana saja. Metode input-nya berupa USB, SD Card, dan HDMI untuk komputer, laptop, TV, maupun smartphone.

Proyektor ini mampu menampilkan video dengan resolusi sebesar 640×480 piksel dengan tingkat kecerahan 800 lm. Di samping itu, dengan kontras sebesar 800:1, Anda bisa menikmati bermain game, presentasi pekerjaan di kantor, serta menonton film dengan ukuran layar mulai dari 30 hingga 100 inci!


MUNGKIN HANYA ITU SAJA YANG BISA SAYA SAMPAIKAN JIKA ADA YANG INGIN DI TANYAKAN SILAHKAN TANYAKAN PADA KOLAM KOMENTAR ^_^


TUNGGU BLOGGER SELANJUT NYA YA ^_^ 😊 

#SALAM_PELAJARBERPRESTASI

12 comments: